Penyebab Kehilangan Keseimbangan Tubuh


Anda sering terjatuh dan kehilangan keseimbangan ? walaupun kedengarannya sederhana, namun Anda jangan meremehkan hal tersebut. penelitian kesehatan menunjukkan bahwa 65 persen kasus cedera dan kecelakaan terjadi ketika seseorang kehilangan keseimbangannya.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari kehilangan keseimbangan, maka lebih baik Anda mengenali penyebab-penyebab Anda kehilangan keseimbangan. Dibawah ini merupakan beberapa penyebab kenapa seseorang mudah kehilangan keseimbangan. silahkan disimak:

1. Masalah kesehatan
Masalah kesehatan seperti penyakit jantung, multiple sclerosis, arthritis dan parkinson dapat mempengaruhi keseimbangan tubuh Anda. Bahkan obat yang digunakan untuk mengobati penyakit tersebut juga dapat menyebabkan Anda pusing dan menurunkan penglihatan yang dapat membuat Anda kehilangan keseimbangan.

2. Sistem vestibular bermasalah
Sistem vestibular adalah sistem kesehatan yang membantu Anda untuk menentukan posisi dan menjaga keseimbangan tubuh. Sistem ini terletak di telinga dan dapat membantu Anda untuk menentukan kapan Anda harus duduk, berdiri atau berbaring dengan benar. Sel-sel Sistem vestibular juga akan menurun seiring dengan bertambahnya usia Anda.

3. Masalah tekanan darah
Jika Anda memiliki masalah dengan tekanan darah, maka terkadang Anda akan merasa pusing ketika berdiri. Apalagi jika Anda mempunyai tekanan darah rendah yang bisa membuat Anda jatuh atau pingsan secara tiba-tiba.

4. Masalah koordinasi
Dengan bertambahnya usia seseorang, maka tingkat refleks dan koordinasi tubuh tidak akan setajam sebelumnya. Hal ini juga diperparah ketika tingkat kewaspadaan otak Anda berkurang.

5. Masalah penglihatan
Ketika kemampuan fokus mata Anda berkurang, maka keseimbangan Anda juga akan terganggu. Sehingga tidak heran jika penglihatan Anda sudah tidak tajam dan fokus lagi, Anda akan lebih mudah kehilangan keseimbangan dan terjatuh.

6. Masalah otot
Seiring bertambahnya usia, maka secara otomatis otot tubuh Anda akan melemah dan menurun. Hal ini juga yang dapat membuat Anda mudah kehilangan keseimbangan. Dengan olahraga secara teratur, maka dapat menjaga tubuh Anda tetap bugar dan dapat membantu Anda untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Itulah beberapa penyebab Anda sering kehilangan keseimbangan dan terjatuh. Pola hidup sehat dan olahraga akan membantu Anda menghindari masalah-masalah seperti diatas. Semoga bermanfaat
Tag : lain lain
1 Komentar untuk "Penyebab Kehilangan Keseimbangan Tubuh"

Back To Top