Penyebab Air Menjadi Tidak Sehat


Air merupakan komponen penting didalam kehidupan ini. Setiap makluk hidup dibumi tidak akan dapat hidup tanpa air termasuk manusia. Air memang memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia, namun ada beberapa bahaya jika Anda mengolah atau memberlakukan air dengan tidak benar. Berikut ini beberapa penyebab yang dapat membuat air yang Anda minum menjadi tidak sehat:

1. BPA
Bisphenol A atau biasanya dikenal dengan BPA adalah zak kimia yang ditemukan di dalam botol plastik tertentu. Botol yang memiliki kandungan BPA ini dapat meleleh dan larut ke dalam makanan atau minuman. Tentu hal ini dapat merugikan kesehatan orang yang mengkonsumsinya, terutama anaka-anak. Untuk itu, saat memilih atau membeli botol air minum maka pilihlah yang tidak mengandung BPA.

2. Minum terlalu banyak
Minum air terlalu sedikit memang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Namun minum air terlalu banyak atau bisa disebut overhidrasi juga memiliki efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. menurut situs Mayo Clinic, Overhidrasi dapat menyebabkan dimana kadar sodium di dalam tubuh turun dan sel-sel tubuh mulai bengkak atau bisa disebut dengan hyponatremia. Supaya Anda terhindar dari dehidrasi dan overhidrasi, maka minumlah air secukupnya saja.

3. Pemanis buatan
Tentu air yang sehat adalah air yang tidak memiliki tambahan pemanis atau zat lainnya, apalagi zat kimia. maka hindarilah penggunaan pemanis buatan secara berlebihan, karena hal tersebut akan berakibat burk bagi kesehatan Anda.

4. Kafein
Kafein merupakan zat yang dapat memperbaiki konsentrasi dan memory Anda. Namun, terlalu bnayak mengkonsumsi kafein juga tidak baik bagi kesehatan. Anda disarankan untuk berhenti minum kopi setelah Anda mengkonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari. Minumlah air putih untuk menghilangkan rasa dahaga. Kebanyakan minum kopi bisa membuat Anda menjadu gelisah dan susah tidur.

5. Tidak mencuci botol atau gelas
Pastikan setelah Anda selesai menggunakan botol ataupun gelas untuk segera dicuci. Bakteri sangat senang hidup ditempat yang basah dan hangat, maka cucilah botol atau gelas Anda dengan air dan sabun, setelah itu segera dikeringkan.

Itulah beberapa penyebab yang dapat mengganggu kesehatan Anda ketika mengkonsumsi air. untuk itu, tetaplah jaga kebersihan dan kesehatan Anda. Semoga bermanfaat

Tag : lain lain
3 Komentar untuk "Penyebab Air Menjadi Tidak Sehat"

Ini nih yang buat nambah wawasan, mksh udh share gan
tapi untk air2 di galon itu gmna ya kesehatanya gan

Berarti kita harus waspada dengan air yang kuurang sehat.

Back To Top