Manfaat Madu Bagi Kesehatan Manusia


Madu, siapa yang tidak mengenal bahan pemanis alami ini. banyak manfaat yang bisa kita rasakan dengan mengkonsumsi madu. berikut ini beberapa manfaat madu bagi kesehatan Anda yang perlu Anda ketahui:

1. Meredakan batuk
Madu bisa membantu Anda untuk meredakan batuk. Berdasarkan studi kesehatan anak dan remaja, ternyata madu memiliki keunggulan untuk meredakan gejala batuk dan meningkatkan kualitas tidur anak. penelitian tersebut membandingkan efek madu melawan penekan batuk dextrometropan rasa madu terhadap 100 anak yang sedang flu.

2. Meredakan cemas
Madu cukup dikenal mampu untuk meredakan rasa cemas. Entah itu dicampur dengan teh atau diminum secara langsung. Madu juga bisa dikonsumsi setelah dicampur dengan jahe atau air lemon.

3. Melawan insomnia
Madu memiliki sifat mampu menurunkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Hal inilah yang mengatasi insomnia bagi penderitanya.

4. Meningkatkan energi
Sesungguhnya setiap makanan sehat termasuk buah, sayuran dan kacang mengandung karbohidrat. Madu sebanyak 17 gram karbohidrat per sendok teh dapat menjadi sumber makanan yang dapat membantu menyingkirkan rasa lesu. Madu juga dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah olahraga. Selain sumber karbohidrat, madu juga sumber energi yang tidak membuat gula darah berfluktuasi dan kadar insulin bertahan lebih lama.

5. Mencerahkan rambut
Cara mencerahkan rambut dengan menggunakan madu cukuplah mudah. Ambillah satu sendok teh madu dan campurkan kedalam satu liter air hanya. Lalu siramlah pada rambut yang sudah dicuci dengan sampo. Anda tidak perlu membilasnya untuk mendapatkan rambut yang cerah dan berkilau.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh
Madu memiliki antioksidan yang disebut pinocembrin, antioksidan tersebut hanya ditemukan didalam madu. Dengan adanya antioksidan tersebut, maka tubuh anda akan terlindung dari serangan radikal bebas. Hal ini akan membuat tubuh Anda tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

7. Menurunkan berat badan
Berbeda dengan gula yang tinggi kalori dan lukosa, madu mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Banyak yang meyakini bahwa madu bisa dijadikan obat alami untuk menurunkan berat badan. Biasanya madu dicampur dengan jus lemon dan diminum pada pagi hari.

8. Menangkal bakteri dan jamur
Madu mengandung za antiseptik yang berfungsi sebagai penghambat pertumbuhan bakteri, zat tersebut mampu menjaga tubuh Anda supaya terhindar dari infeksi. Jika seseorang mengalami luka gores ataupun luka bakar, maka madu sering dijadikan obat pertolongan pertama untuk menghindari infeksi.

Nah itulah beberapa manfaat madu bagi kesehatan tubuh Anda. Sebenarnya masih banyak manfaat yang tidak kita ketahui dengan mengkonsumsi madu ini. Somoga bermanfaat
1 Komentar untuk "Manfaat Madu Bagi Kesehatan Manusia"

Back To Top