Tips Sehat Mengkonsumsi Daging Kambing


Daging kambing, mendengar namanya saja sudah membuat saya ingin segera menikmatinya. Tidak dapat dipungkiri memang daging kambing memiliki banyak penggemar di Indonesia. Namun bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi, tentu bisa menimbulkan masalah bagi Anda. Daging kambing memang dapat menaikan tekanan darah, hal ini dikarenakan daging kambing memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi.

Namun bukan berarti bagi Anda yang menderita tekanan darah tinggi tidak boleh mengkonsumsi daging kambing. Anda dapat mengkonsumsinya, tetapi Anda tetap harus mengikut aturan supaya tidak menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika akan mengkonsumsi daging kambing:

1. Kombinasikan dengan sayuran
Ketika Anda memasak daging kambing, seperti tongseng atau soto maka jangan lupa untuk menambahkan sayuran kedalam masakan tersebut, misal kol, kentang, wortel dll. Hal serupa juga harus Anda lakukan saat membuat sate, Anda bisa menyisipkan beberapa potong sayur seperti daun bawang, tomat, paprika atau bawang bombai untuk mengurangi lemak.

2. Imbangi dengan Konsumsi Buah
Bagi para pecinta daging kambing, lebih baik jika Anda mengkonsumsi sesuai dengan kebutuhan maksimal lima sampai tujuh porsi atau 3-5 ons setiap minggunya. Selain itu, tentunya harus diimbangi dengan mengkonsumsi buah-buahan yang dapat menetralisir kandungan lemak serta kalori yang masuk ke dalam tubuh.

3. Pilih Olahan yang tepat
Anda dapat memilih untuk mengolah daging kambing menjadi berbagai macam olahan. Namun pilihan terbaik untuk mengolah daging kambing supaya tetap sehat adalah dengan mengolahnya menjadi sop/sup. Hal itu karena jumlah kalori pada sop kambing lebih sedikit karena tambahan air dan sayuran yang ada didalam sop.

4. Jangan makan lemak dan makanan manis
Lebih baik hindari mengkonsumsi daging kambing yang memiliki lemak berwarna putih, serta kurangi makanan manis bersamaan seperti sirup dan kue saat menyantap daging kambing. jangan sampai Anda tergiur dengan lezatnya masakan daging kambing, bila terlalu banyak memakannya bisa mengkakibatkan kolesterol tinggi.

Itulah beberapa tips bagi Anda pecinta olahan daging kambing supaya tetap sehat. Ingat segala yang berlebihan itu tidak bagus bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

1 Komentar untuk "Tips Sehat Mengkonsumsi Daging Kambing"

Back To Top