Mata Tetap Sehat Walau Sering di Depan komputer


MATA seseorang akan mengalami penurunan kualitasnya bila sering dipakai. Salah satu contohnya, saat kita sering memakai mata bagi melihat ke layar personal komputer . Bila kita sering melakukan hal itu, maka cepat atau lambat mata akan mengalami gangguan. Sehingga kita diharuskan menggunakan kaca mata. Kemudian bagaimana caranya agar mata tetap sehat?

Berikut tips dari Alami Ilmiah supaya mata sehat ketika bekerja di depan komputer.

1. Atur kecerahan layar monitor

Penting untuk mengatur kecerahan layar monitor supaya nyaman saat dipakai. Layar yang terlalu cerah akan membentuk mata cepat lelah dan sakit.

2. Gunakan screen protector

Pertimbangkan bagi menggunakan screen protector/pelindung layar dalam personal komputer /laptop Anda. Screen protector berfungi mengurangi efek radiasai yang dipancarkan layar komputer.

3. Atur jarak pandang

Idealnya, jarak pandang antara layar monitor dengan mata adalah 45 cm. Terlalu dekat mata Anda dengan layar monitor, maka akan menghasilkan mata cepat lelah & sakit.

4. Mengistirahatkan mata secara berkala

Normalnya kita mengedipkan mata 18 kali setiap satu menit. Namun ketika di depan layar personal komputer  kita akan terpaku dengan pekerjaan yang sedang dihadapi sebagai akibatnya akan lebih sedikit bagi berkedip. Bila Anda membutuhkan waktu lama bagi bekerja pada depan komputer, ambillah waktu setiap dua jam sekali bagi istirahat.

5. Alihkan perhatian sejenak

memakai komputer akan membuat mata Anda tertuju hanya pada objek di monitor. Sebaiknya alihkan pandangan beberapa ketika bagi memperhatikan hal sekitar agar mata tak cepat lelah.

6. Perbanyak konsumsi buah & sayur

Buah-buahan dengan kandungan vitamin A yang tinggi sangat baik bagi kesehatan mata. Bagi itu, perbanyaklah konsumsi buah yang baik bagi kesehatan mata.

7. Lakukan tes mata secara berkala


Ini jua tidak kalah penting. Untuk mengetahui kondisi kesehatan mata Anda, sebaiknya periksakan kepada dokter spesialis mata setiap 3 bulan sekali. Menggunakan begini, jika terdapat keluhan dalam mata akan segera mendapat penanganan
Tag : kesehatan
1 Komentar untuk "Mata Tetap Sehat Walau Sering di Depan komputer"

Back To Top