Bahaya Radiasi Monitor


Dalam Dunia yang serba modern ini, tentu Komputer merupakan salah satu komponen penting dalam kehidupan. Monitor merupakan salah satu komponen dalam menjalankan komputer. saat ini Monitor menggunakan berbagai macam teknologi seperti Liquid Cristal Display atau LCD, Cathod Ray Tube atau CRT serta Plasma Gas. Tapi tahukah Anda jika Monitor juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan kita. Monitor menghasilkan beberapa jenis radiasi dari Gelombang yang dihasilkan monitor Diantaranya:

1. Sinar Ultraviolet dan microwave, SinarUltra violet dapat menyebabkan sakit kepala, keletihan, gangguan saraf, gangguan sistem reproduksi dan sebagainya.

2. Sinar X, Sinar X merupakan salah satu radiasi elektromagnetik dengan panjang gelombang antara 10 nanometer sampai 100 picometer.

3. Radiasi Elektromagnetik frekwensi Atau juga dikenal sebagai Very Low Freqwency (VLF) dan radiasi elektromagnetik frekwensi sangat rendah atau Extremely Low Frekwency (ELF) dihasilkan oleh defleksi Horizontal dan sirkuit tegangan tinggi yang terdapat di monitor.

Semakin terang monitor yang Anda gunakan maka semakin banyak radiasi yang ditimbulkan. Jika Anda menggunakan Monitor sampai 12 jam dalam satu hari dan monitor tersebut tidak dilapisi oleh filter anti radiasi, maka mata Anda akan Memerah. Dampak dari radiasi monitor ini dapat Anda rasakan dalam 15 sampai 20 tahun kemudian. dampak tersebut diantaranya mata yang bergetar dan berkedip, rabun jauh atau mata minus, serta keguguran dan epilepsi.

Selain yang disebutkan diatas, gangguan kesehatan lainnya adalah buta warna dan katarak. katarak biasanya disebabkan oleh penuaan, namun katarak juga bisa disebabkan oleh radiasi sinar ultraviolet. oleh karena itu lebih baik Anda menggunakan filter layar monitor atau kacamata anti radiasi untuk mengurangi bahaya radiasi dari monitor tersebut. selain itu, pilihlah monitor yang mempunyai refresh rate lebih besar dari 70 Hertz. dan yang paling penting istirahatkan mata Anda ketika sudah merasa lelah.
Tag : lain lain
1 Komentar untuk "Bahaya Radiasi Monitor"

Back To Top