Gejala Tumor Otak


Secara umum ada dua jenis tumor di dunia ini, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. begitu juga dengan tumor otak, tumor otak yang ganas disebut dengan kanker otak.

Tumor otak bisa berasal dari sel otak itu sendiri (tumor otak primer), dan juga bisa  merupakan akibat kanker dari anggota tubuh lainnya yang menyebar sampai ke otak (disebut tumor/kanker otak sekunder).

Umumnya penderita tumor otak stadium awal belum mengalami tanda-tanda yang signifikan. Hal inilah yang membuat tumor otak sulit ditangani, karena sulit untuk mendeteksi secara dini. Namun masih ada tanda-tanda awal yang dapat dialami, gejala dan tanda-tanda penyakit tumor otak yang cukup banyak terjadi dan perlu di waspadai diantaranya adalah:

1. Nyeri kepala
Nyeri pada kepala merupakan salah satu ciri tumor otak yang banyak terjadi. Nyeri kepala pada penderita tumor otak bukanlah jenis sakit kepala biasa. Tanda-tandanya berupa rasa sakit kepala yang terjadi di tempat yang tidak biasanya, misalnya di kepala bagian belakang, atau dibelakang telinga. Sakit kepala ini biasanya juga akan sering terjadi bahkan bisa menyebabkan rasa mual. tidak jarang menderita mengalami sakit kepala yang bersamaan dengan rasa mual sampai muntah yang sampai menyemprot.

2. Gangguan keseimbangan
Penderita tumor otak bisa juga mengeluh tentang gangguan keseimbangan. badan mudah goyah/hilang keseimbangan, terutama jika dikaitkan dengan sakit kepala yang dialaminya.

3. Gangguan penglihatan dan pendengaran
Gangguan ini dapat terjadi akibat rasa sakit kepala yang hebat. Namun selain itu, pandangan yang kabur, berbayang, atau bahkan ganda adalah beberapa ciri tumor otak yang paling sering dialami. Penurunan kualitas penglihatan pada usia muda, atau usia yang masih terlalu dini untuk mengalami gangguan pada penglihatannya juga dapat menjadi ciri-ciri tumor otak stadium awal. Selain penglihatan, indera pendengaran juga dapat berkurang fungsinya seiring dengan pertumbuhan sel tumor tersebut.

4. Penurunan kesadaran dan kejang
Gejala yang umum terjadi lainnya adalah menurunnya tingkat kesadaran, biasanya ini terjadi pada penyakit tumor yang sudah lanjut. Selain itu juga sering terjadi kejang, terutama pada seseorang yang tidak memiliki riwayat penyakit kejang sebelumnya. Tidak jarang juga kejang kemudian diikuti penurunan kesadaran.

5. Perubahan perilaku dan gangguan memori
Penyakit tumor otak juga bisa ditandai dengan adanya perubahan perilaku atau kepribadian seseorang dan respon yang berkurang terhadap persoalan hidup sehari-hari. Termasuk juga terjadi gangguan memori pada pasien sehingga menjadi mudah lupa.

6. Kelemahan separuh tubuh
Seperti ada beberapa anggota tubuh yang tidak dapat digerakkan, misalnya kaki dan tangan. Hal ini umumnya terjadi pada salah satu sisi anggota gerak. Kelemahan bisa disertai juga dengan rasa kesemutan.

7. Gangguan bicara dan berbahasa
Beberapa pasien tumor otak mengalami kesulitan ketika bicara. Tiba-tiba penderita akan sangat sulit untuk berbicara atau menggerakkan mulutnya. Atau juga bisa mengalami gangguan berbahasa seperti kesulitan untuk mengungkapkan kata-kata dan tidak bisa memahami perintah.

Demikianlah beberapa ciri tumor otak yang perlu Anda waspadai. Alangkah baiknya jika anda mengalami gejala-gejala seperti diatas untuk segera memeriksanya ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.
Tag : Penyakit
1 Komentar untuk "Gejala Tumor Otak"

Buat saudara yang lagi mencari kesembuhan saya rekomendasi kan coba brobat dengan Dr yusuf.... Alhamdulillah kami sudah brobat dengan beliau walaupun jarak jauh. Trimakasih juga buat dokter yusuf atas perhatian dan saran dan obat racikan nya dan bimbing an nya... Alhamdulillah bapak saya sudah sembuh dan sehat semenjak minum obat racikan beliau yang saya pesan langsung dengan beliau setelah rutin minum obat racikan beliau alhamdulillah sudah sembuh total. Semoga dokter yusuf nantinya bisa selalu menjadi perantaran kesembuhan pasien lainnya amin...
Buat saudara sekalian yang lagi mencari kesembuhan saya rekomendasi brobat lah dengan dokter yusuf insyah Allah bisa sembuh juga amin... Ini nomor beliau bila saudara Ingin brobat dengan beliau 0853-6167-52-32

Back To Top